Home » » Tentang Besemeleh

Tentang Besemeleh

Written By profitgoonline on Senin, 17 Februari 2014 | 22.24

Kata besemeleh kami ambil dari kata sebenarnya yaitu bismilah yang dalam kitab suci Alquran terdapat pada surah Al-fatihah ayat yang pertama yaitu Bismillahirrahmanirrohim yang artinya Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang.
Mungkin timbul suatu pertanyaan dibenak kita, mengapa kata bismillah dirubah menjadi besemeleh, kata ini diajarkan oleh Walisongo yaitu Sunan Kalijogo termasuk Sunan Muria pada masyarakat kala itu. Hal ini karena masyarakat jawa praislam kala itu kesulitan dalam pelafalan bahasa Arab.
Coba kita pikirkan apa yang dilakukan para Sunan waktu itu adalah sebuah pemikiran yang bijak dan cerdas, karena mereka ke indoneisa menyebarkan ke indonesia dengan penuh rasa sayang cinta dan karena Allah, bukan dengan fanatik yang mengkafir-kafirkan dan menolak keberadaan non-islam dalam menyebarkan agama, maka bisa dibayangkan betapa besarnya resistensi masyarakat menolak islam sehingga tidak bisa seperti sekarang yang mayoritas orang indonesia adalah islam. Apa yang dilakukan oleh para wali dalam menyebarkan islam ke tanah jawa adalah dengan cara pendekatan sosio-kultur dan agama dalam penyampaiannya.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Materi Kuliah | Fanspage Facebook | Twitter
Copyright © 2013. BIOLOGI - All Rights Reserved
Published by BIOLOG-INDONESIA