Home » » BIOGEOGRAFI SECARA UMUM

BIOGEOGRAFI SECARA UMUM

Written By profitgoonline on Senin, 03 Maret 2014 | 07.48

Biogeografi 

Biogeografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari sebaran organisme, baik masa kini maupun masa lalu.

Sejarah singkat 
Awal abad 19 (1800-an)

  • Alexander Von Humbolt yaitu mempelajari bagaimana peranan iklim dalam sebaran vegetasi, sehingga ia mengganggap iklim sebagai peran utama dalam sebaran vegetasi.
  • Adolphe Brungniart. Ia dikenal sebagai Bapak Paleobotany, Adolphe mengganggap iklim sebagai pertimbangan , ia menginterpretasi fosil.
  • Justus Liebieg, ia merupakan ekolog yang terkenal dengan Hukum Minimum Liebieg.

Secara umum biogeografi meneliti hubungan antara pola dan proses. Kaidah sains biogeografi dimulai dari pengamatan/penemuan terhadap pola sebaran, dilanjutkan dengan membangun pemikiran terhadap mekanisme penyebaran, dan akhirnya tes ulang terhadap teori yang ada. Biogeography juga disebut sebagai ilmu synthetic, hal ini dikarenakan biogeografi berdiri dari dua ilmu yang berbeda, biologi dan geografi.

Biogeografi penting untuk dipelajari karena biogeogeografi menggambarkan dan membahas terhadap banyaknya pola sebaran dari berbagai kategori taksa, dan juga bagaimana penyebaran dapat terjadi.

Dalam suatu contoh, di Indonesia sendiri anda tentu mengenal nyamuk, bahkan sering terdengar suara nyamuk itu ditelinga Anda, akan tetapi jika kita “berjalan” semakin ke utara missal cina maka anda tak akan mendengar lagi suara nyamuk di telinga anda dan semakin jauh lagi ke utara atau jepang pasti tidak ada apa itu cicak. Karena apa? Salah dua dari itu berkaitan dengan geografi dan sumber makanan dari kedua binatang tersebut.

Perlu saya singgung sedikit disini mengenai pendekatan dalam filososi sains ada dua yaitu Induktif dan Deduktif. Induktif merupakan pemikiran berdasarkan dari observasi spesifik kea rah prinsip umum (general), sedangakan jika pemikiran berdasarkan dari konstruksi umum menuju hal-hal yang lebih spesifik disebut deduktif.

Sains sendiri merupakan suatu ilmu yang diperoleh melalui obsevasi yang kemudian dikonstruksikan secara logis dan dapat diulangi. Jadi apabila berbicara mengenai bagaimana kebenaran dari suatu teori-teori yang ada sekarang ini? Sekarang saya akan bertanya kepada anda “Apakah teori yang sekarang ada ini benar?”

“Apakah teori dari Darwin yang mengatakan evolusi itu benar?”

“Apakah teori dari Einstein yang mengatakan E=mc*2 itu benar?”

“Dan apakah teori yang mengatakan kaidah tangan kanan itu benar?”

Jika jawab anda dari satu pertanyaan diatas adalah BENAR, maka saya bisa dengan mudah menyalahkan jawaban anda.

Karena sejatinya sebuah teori apapun itu belum tentu benar, iya mungkin dianggap “BENAR” untuk saat ini akan tetapi apakah 100 tahun kedepan ada yang menjamin bahwa teori tersebut masih relevan atau masih benar?

Seperti saat masa teori abiogenesis itu muncul maka teori tersebut dianggap benar , yaitu apabila ada pakaian kotor lalu ditambahkan dengan padi atau gandum yang ditaruh didalam suatu ruangan selama 21 hari maka akan tercipta tikus-tikus. Hal itu benar, akan tetapi benar pada waktu dulu, hal ini dikarenakan pada waktu itu tidak ada suatu teori lain dapat membantahnya.

Untuk itu suatu teori hanya dapat dites kesalahannya bukan untuk di”benar”kan. Karena setiap ada teori yang menyanggahnya maka teori yang tadinya dianggap benar secara langsung gugur sebagai teori yang benar.

Kembali lagi ke topic pembahasan kita yaitu mengenai biogeografi, umumnya keberadaan dari suatu organisme dipengaruhi oleh peredaran matahari.

Dari gambar diatas dapat dilihat adanya peredaran / track dari matahari, yang mana pada 23,5 LU derajad sampai 23,5 derajad LS . Sehingga apa yang dimaksud dengan daerah tropis atau Region of Tropic adalah daerah yang berada di daerah Tropic of cancer dan Tropic of Capricorn.

Dari peredaran matahari juga akan mempengaruhi Iklim di bumi, seperti pandangan dari Alexander V.B. yaitu iklim memiliki peranan penting dalam penyebaran suatu vegetasi. Dari iklim tersebut akan diketahui pula temperature serta curah hujan suatu wilayah.

Temperature sendiri memiliki dua perbedaan yaitu temperatur panas atau temperatur dingin. Sedangkan pada curah hujan yaitu ketika basah atau kering. Dari temperatur dan curah hujan kita dapat mengenal empat iklim yaitu : panas kering, panas basah, dingin kering dan dingin basah.

M.HM - 24/02/2014 
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Materi Kuliah | Fanspage Facebook | Twitter
Copyright © 2013. BIOLOGI - All Rights Reserved
Published by BIOLOG-INDONESIA