Home » , » Perbedaan Melon dengan Blewah

Perbedaan Melon dengan Blewah

Written By profitgoonline on Senin, 19 Agustus 2013 | 05.35

Perbedaan Melon dengan Blewah

Buah asli indonesia yang berkerabat sangat dekat dengan melon (bahkan nama latinya sama) adalah blewah (Cucumis melo L.) yang dahulu dikenal sebagai melon londo. Selain blewah, buah yang beraroma mirip melon adalah timun suri.



Secara fisik, blewah lebih mendekati melon dibandingkan dengan timun suri. Namun demikian,varietas melon gold star eks-Korea dan golden light eks-Taiwan (tidak beredar di indonesia) mempunyao tampilan yang mirip dengan timun suri hanya bentuk buahnya lebih pendek. Blewah banyak ditanam da daerah malang, pasuruan, dan Banyuwangi di Jawa Timur, sedangkan timun suri banyak diusahakan di daerah Indramayu , Jawa Barat.

Blewah terutama mirip dengan melon tipe cantelaupe (Cucumis melo var. Cantelupensis) yang mempunyai ukuran buah besar, daging buah kurang tebal, warnanya jingga (kuning kemerahan), bijinya berwarna putih kekuningan, dan buahnya harum. Perbedaan mencolok antara blewah dengan melon adalah kuliat buah dan tingkat kemanisanya. Kulit buah blewah tipis dan tidak liat. Meskipun aroma buah blewah mirip dengan melon, tetapi tingkat kemanisan blewah sangat rendah (3%-5% brix), sedangkan melon mencapai 8%-15% brix. Oleh karena itu, baik blewah maupun timun suri biasanya digunakan sebagai campuran es buah dengan diberi sirup.

Seandainya buah blewah ini diteliti secara sungguh-sungguh dengan pengujian varietas dan persilangan-persilangan intensif maka dimungkinkan akan diperoleh varietas unggul blewah. Saat ini sebuah perusaah benih cap Kpal Terbang PT Tanindo Subur prima bekerja sama dengan Chia Thai seed Thailand telah melepas blewah varietas bisma berumur genjah dan tahan terhadap hama dan penyakit. Tidak menutup kemungkinan, varietas-varietas blewah akan terus dikembangkan sehingga kita sanggup mengekspor benih blewah ke mancanegara.

Prajnanta, Final.1998. Melon Pemeliharaan Secara Intensif Kiat Sukses Beragribisnis. Jakarta : Penebar    Swadaya


Share this article :

1 komentar:

  1. Artikel nya bagus gan
    Jangan lupa mampir ya ke link saya
    Ngulas.wordpress.com
    Makasih

    BalasHapus

 
Support : Materi Kuliah | Fanspage Facebook | Twitter
Copyright © 2013. BIOLOGI - All Rights Reserved
Published by BIOLOG-INDONESIA