Home » , , » Manfaat Dan Kandungan Gizi Melon

Manfaat Dan Kandungan Gizi Melon

Written By profitgoonline on Senin, 19 Agustus 2013 | 04.24

Manfaat Dan Kandungan Gizi Melon


Melon saat ini tidak hanya dikonsumsi sebagai buah segar saja. Selain sebagai buah meja, melon juga dihidangkan dalam bentuk jus melon di restoran-restoran. Berbagai produk makanan maupun minuman, seperti sirup dan permen, menyajikan melon sebagai pilihan rasa. Bahkan anak-anak sekarang mulai dimanjakan produsen susu cair dengan adanya susu cair dengan rasa melon. Malahan air minum mineral sekarang ini tidak hanya rasa air saja karena ada pilihan rasa melon. Bagi ibu-ibu atau gadis-gadis yang biasa peduli dengan sabun kecantikan, saat ini di pasar swalayan telah tersedia sabun kecantikan dengan aroma khas melon.

Melon dikenal juga dalam dunia kesehatan mengandung unsur-unsur yang diperlukan tubuh manusia. Oleh karena itu, melon sering dianjurkan ahli-ahli gizi untuk terapi kesehatan. Dalam tabel 1 berikut ini akan diulas kandungan gizi buah melon setiap 100 gram bahan dapat dimakan.

Melon menjadi salah satu buah sumber energi karena mengandung kalori, lemak, dan karbohidrat yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C pada melon akan mencegah terjadinya sariawan dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit. Saat ini melon sering digunakan sebagai buah untuk terapi kesehatan karena mempunyai khasiat :
  1. Membantu sistem pembuangan
  2. Antikankanker
  3. Menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung
  4. Mencegah penggumpalan darah
Melon mengandung zat adenosin, yaitu suatu zat antikoagulan yang berfungsi menghentikan penggumpalan keping sel darah. Apabila penggumpalan darah ini berlanjut tidak dihentikan akan menyebabkan timbulnya stroke/sakit jantung. Penelitian lain menyebutkan bahwa kandungan zat karotenoid pada melon cukup tinggi sehingga dapat mencegah penyakit kanker, terutama kanker paru-paru.

kandungan gizi melon
kandungan gizi melon


Prajnanta, Final.1998. Melon Pemeliharaan Secara Intensif Kiat Sukses Beragribisnis. Jakarta : Penebar      Swadaya
Samadi,Budiman. 2007. MELON Usaha Tani Dan Penanganan Pasca Panen. Jogjakarta : Kanisius


Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Materi Kuliah | Fanspage Facebook | Twitter
Copyright © 2013. BIOLOGI - All Rights Reserved
Published by BIOLOG-INDONESIA