Home » » RESUME VAMPIR

RESUME VAMPIR

Written By profitgoonline on Kamis, 23 Mei 2013 | 11.00


Lintah bisa bertahan selama 2 tahun tanpa makan tapi saat akhirnya minum, dia akan minum banyak. Caroline Campbell, seorang ahli zoologi, sedang berada di Madagaskar untuk meneliti kukang. Beliau melakukan perjalanannya pada saat musim hujan, kelembaban 85%, hampir setiap hari turun hujan sehingga beliau harus berhadapan dengan lintah. Sebelum keluar, tiap pagi, Caroline menggunakan baju anti lintah khusus. Setelah kerja keras seharian di hutan, Caroline ke sungai untuk membersihkan tubuh, setelah itu kembali pulang untuk makan bersama yang lain. Pertama dia merasa ada sesuatu dimatanya, namun beliau mengacuhkannya. Caroline membungkuk dan api menyinari wajahnya. Teman-teman yang melihatnya langsung memeganginya. Ternyata ada lintah yang sedang menghisap bola mata kanannya. Teman-temannya berhasil mengeluarkan lintah tersebut. Keesokan harinya, saat itu ia harus bolak-balik menempuh perjalanan selama 5 jam dengan keadaan hujan deras. Setelah berjalan, ia merasakan ada yang aneh di hidungnya dan mendapati hidungnya berdarah terus menerus. Dia tahu ada lintah di dalam hidungnya dan berusaha untuk mengatasinya. Pertama dia mencoba untuk membuang ingus namun lintah itu macet. Selanjutnya dia mencoba untuk melakukan pembedahan sendiri. Ia menusuk-nusuk hidungnya dan berusaha untuk membuang ingus lagi. Dan lintah berhasil dikeluarkan.
Dokter Stephen Oscherwitz, orang terbaik jika darahmu dihisap oleh vampir alam. Orang yang telah mengobati ratusan korban vampir alam.
                Broughton Coburn, penulis wisata musiman dan penjelajah. Dia sedang berada di Everest kala itu. Dia sedang membaca surat saat darah terus jatuh dari hidungnya. Sampai di hari ke-18 hidungnya terus berdarah. Saat dia pergi untuk minum teh, salah seorang pelayan berlari saat melihat wajah Broughton. Lalu dia memutuskan untuk kembali ke rumah dan mengecek sendiri keadaan hidungnya. Setelah menunggu, hewan seperti cacing coklat sekitar 5 cm panjangnya keluar dari hidungnya lalu masuk kembali dengan cepat. Lalu ia langsung pergi ke klinik Dr. Mona dan ternyata terdapat lintah di dalam hidungnya. Hewan itu bergerak sangat cepat saat ingin dijepit. Akhirnya lintah bisa dijepit dan keluar dari hidung Broughton. Jika lintah ditarik, mulutnya akan tertinggal dan akhirnya akan terinfeksi bakteri. Cara terbaik adalah dengan menggunakan cairan kokain atau juga air garam agar lintah melepas gigitannya. Lintah dapat menyebabkan anemia parah dan kematian bila tidak dibuang.
                Andy Fischer, juara renang nasional di negaranya, Venezuela. Ia mengikuti lomba amal, menyeberangi Danau Champlaign dari New York ke Vermont sejauh 12,9 km. Saat hari besar pun tiba, lomba dimulai. Hingga perenang mencapai batas 6,5 km, mereka diserbu belut laut yang mengincar darah mereka. Mereka terus dikejar dan akhirnya berhasil sampai ke tepi. Tubuh mereka menderita memar dan luka akibat rahang belut yang kuat. Belut laut datang secara kebetulan. Jumlahnya jutaan dan berusaha untuk menghisap darah jadi bisa menempel pada hewan apapun. Orang yang digigit oleh belut laut bisa terinfeksi bakteri jika mereka terluka. Tetapi belut tersebut tidak mengancam jiwa manusia.
                James Aldred, seorang konsultan panjat pohon. Ia sedang bekerja di Kongo saat itu. Setelah 3-4 hari, ia menyadari ada jerawat kecil yang tumbuh tapi jerawat itu gatal dan kulit jadi meradang saat malam datang. Jerawat semakin membesar dan rasa gatal semakin parah. Selanjutnya, ia merasakan 90 tubuh kecil bergerak di bawah kulitnya saat malam. James menjadi mangsa lalat Tumbu yang butuh darah hidup dan segar untuk menetaskan anaknya. Baju basah James jadi lingkungan sempurna bagi lalat Tumbu untuk bertelur.  Saat James kembali memakai bajunya, telur itu menetas dan larva lalat Tumbu masuk ke dalam tubuhnya. Terdapat banyak benjolan di sekujur tubuhnya dan salah satu benjolan paling besar dan paling parah ada di bagian kakinya. Tiba-tiba ada pria keluar dari hutan dan mengeluarkan minyak kelapa atau sesuatu kemudian mengoleskan pada luka gigitan. Larva lalat Tumbu butuh lubang udara untuk bernafas dan minyak itu menyumbat lubangnya dan memaksa larva itu untuk naik ke permukaan. Dan perlahan demi perlahan, ulat-ulat tersebur berhasil dikeluarkan dari tiap gigitan di tubuh James.
                 Kelelawar menemukan mangsa dengan gema lokasi, bau, dan suara. Korban favorit mereka adalah hewan seperti sapi, kuda, dan babi. Tapi jika makanan langka, mereka akan mencari sumber darah lain yaitu manusia. Tahun 2000, desa kecil bernama Luvianos di Mexico terserang wabah kelelawar terparah sepanjang sejarah. Tomasa Benitez Diez adalah salah satu korban kelelawar vampir ini. Saat terbangun, ia menemukan gigitan di lengan dan luka gigitannya masih berdarah serta ada dua lubang. Tomasa merasa sakit kepala dan sangat mual. Kelelawar hanya menghisap sesendok darah tetapi, beberapa kelelawar mengidap rabies. Dan dapat berdampak fatal bila manusia tergigit. Kelelawar berpesta pora menghisap ternak setiap malam. Namun sesuatu mengerikan terjadi pada aerah tersbut. Terjadi badai dan kebakaran hutan yang besar dan akhirnya musim kemarau. Penduduk terpaksa memindahkan ternaknya ke ladang baru. Kelelawar kelaparan pun berusaha mencari mangsa baru dan beralih ke satu-satunya sumber makanan yaitu manusia. Tomasa mungkin digigit kelelawar rabies jadi dokter memberikan vaksinasi pertama dari lima vaksinasi rabies dan harus kembali untuk melakukan 4 suntikan lagi. Jika dia tertular rabies, dia bisa mati sebelum akhir pekan.
                Vampir berikutnya bisa ditemukan di hutan Peruvian Andes. Sangat kecil, punya punuk dan tak pandai terbang. Betina lalat pasir mempunya mata gergaji yang dapat merobek saluran darah di kulit. Terry Henkel, ahli ekologi tropis. Peristiwa ini terjadi saat kembali dari Peru. Terdapat luka kecil yang tak terlihat di bawah kaki kirinya. Saat lalat pasit menggigit Terry, mereka meninggalkan jejak mematikan. Luka di betisnya kini jadi rumah ribuan parasit kecil bernama protozoa. Kemudian ia pergi ke dokter dan selanjutnya dokter meneliti parasit yang ada di kaki Terry. Saat hasil keluar, Terry terkena Visceral Leishmaniasis. Dia diberi suntikan obat yang kuat bernama Antimony gluconate yang berhasil menghilangkan bekas luka dari gigitan lalat pasir secara permanen.
                Bruce Helm dari Phoenix, Arizona, sedang berlibur di Kenya saat digigit lalat tsetse. Ada benjolan di dagu dan bawah tulang bahu sebesar koin berwarna merah dan mulai melebar. Lalat tsetse tidak hanya menghisap darah tetapi juga meninggalkan sekumpulan parasit yang mematikan. Bruce mengalami radang kulit, panas tinggi, dan sakit kepala berat. Sudah ada benjolan dimana organism itu memperbanyak diri. Kebanyakan rasa sakit akibat sengatan lalat itu dapat menyebabkan kematian hanya dalam sebulan. Satu-satunya obat yang ada beracun sehingga TDA tak meloloskannya. Melasoprol berbasis arsenik dan cukup kuat untuk melelehkan plastik. Penyakit tidur jika tidak diobati, dapat membunuh 100% korbannya. Bruce diberikan Melasoprol karena infeksi Trypanosomes dan akibatnya, obat itu merusak jaringan syarafnya. Syarafnya rusak dan ototnya lumpuh. Setelah 3 tahun, Bruce masih sulit memakai jeans karena bahan itu terlalu menyakitkan bagi syarafnya. Tangan dan kakinya masih terasa kaku dan berat. Namun dia merasa beruntung masih bisa hidup.
                Peter Hackett adalah dokter gunung yang tinggal di Ridgeway, Colorado. Dia merasa sangat sangat pusing, melayang, lemah. Selama 3 hari dia mengalami demam tinggi dan menggigil. Di hari ke-4, dia merasa baikan namun sama sekali tak berselera, merasa malas atau bisa dikatakan anoreksia. Keesokan harinya, Peter terus menggigil gemetaran dan tidak dapat bergerak dan berbicara. Setelah diukur suhu tubuhnya adalah 104,8 F. Kemudian dia dibawa ke dokter. Peter mengira bahwa ia hanya terserang malaria. Namun, setelah diteliti dan dicek darahnya terdapat semacam Spirochete. Peter digigit dirumahnya di Colorado oleh seekor kutu. Bisaanya mereka hidup di dalam hewan. Kutu tertarik pada CO. Hanya dengan bernafas, kau dapat menarik kutu untuk menghisap darahmu. Terdapat jutaan parasit dalam darah Peter sejenis Spirochete bernama Borelia. Peter bisa mati, namun ada antibiotik yang dapat menghentikan penyerbuan hewan itu. Tepat disebelah rumah Peter terdapat liang tupai Prairie dog. Kutu lunak seperti yang menggigit Peter menularkan parasit dan tinggal di berbagai jenis hewan pengerat. Mungkin saja kutu tupai Prairie dog adalah sumber dari semua masalah.
                Serangga pencium, berukuran cukup besar. Mereka merayap saat kita tertidur, biasanya menancapkan taring lapar mereka didekat mulut korban. Greg Wilde, tinggal di Coarsegold, California. Ia mulai merasa panas, ngilu, kaki dan tangannya mulai merasa geli, dan sesak nafas. Kemudian ia pingsan dan segera dilarikan ke rumah sakit. Greg mengalami dehidrasi berat, pusing, panas, dan sulit bernafas. Sistem tubuhnya tak berfungsi. Pingsan yang tiba-tiba ini adalah akibat dari sesuatu yang berkembang di tubuh Greg selama berbulan-bulan. Saat Greg terbangun dengan rasa gatal dibagian atas tubuh dan wajah, ia tak terlalu memperhatikannya karena rasa itu akan hilang dalam beberapa hari. Pelakunya ternyata adalah serangga pencium yang haus darah. Tiap kali serangga itu menggigit, Greg akan semakin alergi pada liur serangga pencium hingga akhirnya tubuhnya tak berfungsi dan mengalami syok anaphylacticberat. Anaphylactic dapat menyebabkan sistem tubuh tak berfungsi, nafas menjadi sulit dan pendek, tekanan darah turun, denyut jantung kacau dan tanpa perawatan yang benar dapat berakibat fatal.
                Vampir alam dapat berada dimana saja, kita dituntut untuk selalu berhati-hati dan waspada akan bahaya yang mengintai kapan saja. Jagalah diri baik-baik karena kematian dapat datang kapan saja dan kepada siapa saja.



KELOMPOK 10
Hafid Arijuddin (11/BI/08729)
Chandra Pradhita N. (11/BI/08731)
Oki Yoga (11/BI/08733)
Chandratama Agiek (11/BI/08735)
Cornellius Yudha W. (11/BI/08737)
Vega Felicia (11/BI/08739)
Khusnul Nurul Chotimah (11/BI/08741)
Vita Fatonah (11/BI/08743)

FAKULTAS BIOLOGI
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA
2013


Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Materi Kuliah | Fanspage Facebook | Twitter
Copyright © 2013. BIOLOGI - All Rights Reserved
Published by BIOLOG-INDONESIA