Home » , » Fase-Fase Siklus Sel

Fase-Fase Siklus Sel

Written By profitgoonline on Minggu, 11 Agustus 2013 | 08.11

Mitosis hanyalah salah satu bagian dari siklus sel. Faktanya  , fase mitosis (mitotik phase, M), yang mencakup mitosis sekaligus sitokinesis, biasanya merupakan bagian yang terpendek siklus sel. Pembelahan mitosis sel silih berganti dengan tahap yang jauh lebih panjang, disebut interfase (interphase) , yang biasanya mencakup sekitar 90% siklus sel. Pada saat interfase-lah sel tumbuh dan membuat salinan kromosom-kromosomnya sebagai persiapan untuk pembelahan sel.

Interfase dapat dibagi menjadi beberapa subfase: fase G1 (first gap, gap pertama), fase S (sintesis), dan fase G2 (second gap, gap kedua). Selama ketiga subfase , sel tumbuh dengan cara menghasilkan protein dan organel sitoplasma seperti mitokondria dan retikulum endoplasma. Akan tetapi kromosom diduplikasi hanya pada fase S. dengan demikian, sel bertumbuh (G1) , terus bertumbuh lagi sambil menyelesaikan persiapan untuk pembelahan sel (G2), dan membelah (M). Sel-sel anakan kemudian bisa mengulangi siklus tersebut.

Sel manusia tertentu mungkin mengalami satu pembelahan dalam 24 jam . Dari periode itu, fase M menghabiskan kurang dari 1 jam , sedangkan fase S mungkin berlangsung 10-12 jam, atau sekitar separuh siklus. Sisa waktu mungkin dibagi rata antara fase G1 dan G2. Fase G2 biasanya berlangsung 4-6 jam ; dalam contoh kita, G1 akan berlangsung sekitar 5-6 jam . G1 adalah fase dengan lama waktu yang paling bervariasi pada tipe sel yang berbeda.

Secara konvensional mitosis dibagi menjadi lima tahap : profase (prophase), prometafase (prometaphase), metafase (metaphase), anafase (anaphase), dan telofase (telophase). Sitokenesis, yang bertumpang-tindih dengan tahap akhir mitosis, menyelesaikan fase mitosis.


Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Materi Kuliah | Fanspage Facebook | Twitter
Copyright © 2013. BIOLOGI - All Rights Reserved
Published by BIOLOG-INDONESIA