Home » » Macam-Macam Gerak Karena Adanya Persendian

Macam-Macam Gerak Karena Adanya Persendian

Written By profitgoonline on Selasa, 18 Juni 2013 | 09.01

Macam-Macam Gerak Karena Adanya Persendian

Ingatkah kalian bahwa otot merupakan alat gerak aktif? Otot dapat menggerakkan tulang bukan? Otot yang dapat menggerakkan tulang adalah otot rangka. Otot rangka melekat pada rangka atau tulang. Tentunya, gerakan-gerakan tubuh ini juga didukung adanya persendian dalam tubuh. Beberapa tipe gerak otot karena peranan otot, rangka dan persendian meliputi: fleksi dan ekstensi, abduksi dan adduksi, elevasi dan depresi, supinasi dan pronasi, inversi dan eversi. 

1) Fleksi dan Ekstensi
Fleksiadalah gerak anggota tubuh yang menekuk atau membeng-kok. Sebaliknya, ekstensiadalah gerak meluruskan anggota tubuh. Contoh gerak ini terjadi pada siku, lutut, dan ruas-ruas jari. Gerak ekstensi yang melebihi anatomi tubuh disebut hiperekstensi.
Gambar 1. Gerakan (a) hiperekstensi, (b) ekstensi dan, (c) fleksi
2) Adduksi dan Abduksi
Adduksiadalah gerak mendekati tubuh. Abduksimerupakan lawan dari adduksi yaitu menjauhi tubuh. Otot yang berperan adalah otot abduktor dan adduktor.
 Gerakan (a) adduksi dan (b) abduksi pada gerak lengan
3) Elevasi dan Depresi
Elevasimerupakan gerakan mengangkat, sebaliknya depresimeru-pakan gerak menurunkan. Contohnya, gerak membuka dan me-nutup mulut. Otot yang berperan pada gerak ini adalah elevator dan depressor. 
4) Supinasi dan Pronasi
Supinasiadalah gerak menengadahkan atau mem bu ka telapak tangan. Sebaliknya, pronasimerupakan gerak menelungkupkan atau membalik telapak tangan. Otot yang berperan pada gerak ini adalah supinator dan pronator.
5) Inversi dan Eversi
Inversiyaitu gerak memiringkan atau membuka telapak kaki ke arah dalam tubuh. Sedangkan eversiialah gerak memiringkan atau membuka telapak kaki ke arah luar tubuh. 

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Materi Kuliah | Fanspage Facebook | Twitter
Copyright © 2013. BIOLOGI - All Rights Reserved
Published by BIOLOG-INDONESIA