Nama Sekolah | : | Sekolah Menengah Pertama |
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | VIII/I |
Alokasi Waktu | : | 6x45 Menit |
Standar Kompetensi | : | Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia |
Kompetensi Dasar | : | Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup |
I. Indikator
- Membandingkan pertumbuhan dan perkembangan antara tumbuhan dan hewan.
- Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
- Mengamati dan melakukan percobaan berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan.
- Menganalsis faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
- Membuat peta konsep metagenesis pada tumbuhan lumut, paku, dan tumbuhan biji.
- Mengidentifikasi hormon-hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
Materi Pokok | : | Pertumbuhan dan Perkembangan |
SubMateri | : | Pertemuan I o Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan o Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan Berbunga o Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan o Metagenesis |
III. Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual
Metode Pembelajaran
Kooperatif
Model Pembelajaran
Grup Investigation dan kooperatif
Sintaks langkah-langkah Model Pembelajaran Group Investigation
- Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
- Guru menjelaskan rnaksud pernbelajarandan tugas kelornpok
- Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
- Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
- Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
- Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan.
- Evaluasi dan penutup
Modifikasi Langkah-Langkah Model Pembelajaran Group Investigation
- Guru menuliskan topik pembelajaran.
- Guru menyampaikan indikator pembelajaran yang haru dicapai oleh peserta didik
- Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok
- Dalam kelompok masing-masing anggota kelampok diberi tanggung jawab untuk memahami materi yang berbeda. Anggota kelompok yang memahami materi yang sama berkumpul menjelaskan ke anggota yang lain
- Setelah diskusi maka anggota satu kelompok saling bertukar informasi tentang materi yang difahami.
- Guru meminta peserta didik untuk mempreseniasikan hasil diskusi kelompoknya melalui diskusi kelas.
- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
Langkah-Langkah Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat menjelaskan tahap perkembangan pada tumbuhandan hewan.
No. | Guru | Peserta Didik |
1. | Kegiatan Awal
|
|
2. | Kegiatan Inti
|
|
3. | Kegiatan Akhir/tindak lanjut Menugaskan peserta didik untuk mengamati tumbuhan di rumah masing-masing | Melaksankan tugas guru |
Materi essensial
(Syamsuri, Istamar. 2007, IPA Biologi VIII, halaman 1 – 18)
IV. Media Pembelajaran Alat/Bahan : Alat tulis, LCD/OHP,
Sumber belajar : Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Bologi untuk SMP kelas VIII.
Jakarta : Penerbit Erlangga
V. Penilaian
o Penilaian proses belajar peserta didik
o Kegiatan 1.1 (Hlm. 5) Pengamatan pengaruh cahaya terhadap perkecambahan
o Tugas 1.1 Hlm. 12
o Evaluasi
- Uji diri
- Soal Latihan
Mengetahui Kepala Sekolah ........................................ NIP | Tim Bidang Studi Koordinator ........................................ NIP |